Kompetensi Sosial
a.
Terampil
bekerja sama dengan orang lain berdasarkan prinsip yang saling menguntungkan
dan memberi manfaat bagi sekolah:
1)
Mampu
bekerja sama dengan atasan bagi pengembangan dan kemajuan sekolah
2)
Mampu
bekerja sama dengan guru, staf/karyawan, komite sekolah, dan orang tua siswa
bagi pengembangan dan kemajuan sekolah
3)
Mampu
bekerja sama dengan sekolah lain dan instansi pemerintah terkait dalam rangka
pengembangan sekolah
4)
Mampu
bekerja sama dengan dewan pendidikan kota/kabupaten dan stakeholders sekolah
lainnya bagi pengembangan sekolah
b.
Mampu
berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan:
1)
Mampu
berperan aktif dalam kegiatan informal di luar sekolah
2)
Mampu
berperan aktif dalam organisasi sosial kemasyarakatan
3)
Mampu
berperan aktif dalam kegiatan keagamaan, kesenian, olahraga atau kegiatan
masyarakat lainnya
4)
Mampu
melibatkan diri dalam pelaksanaan program pemerintah
c.
Memiliki
kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain:
1)
Mampu
menggali persoalan dari lingkungan sekolah (berperan sebagai problem finder)
2)
Mampu
dan kreatif menawarkan solusi (sebagai problem solver)
3)
Mampu
melibatkan tokoh agama, masyarakat, & pemerintah dalam memecahkan masalah
kelembagaan
4)
Mampu
bersikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal sekolah
5)
Mampu
bersikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain
6)
Mampu
bersikap empatik/sambung rasa terhadap orang lain
Berpedoman defenisi dan teori yang telah disampaikan,
kepala sekolah sebagai pemimpin perlu membekali diri dengan kompetensi sebagai
dasar bagi terselenggaranya operasional sekolah efektif. Realisasi visi dan
misi sekolah hanya mungkin diwujudkan dengan dukungan kompetensi kepemimpinan yang
sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan yang dikeluarkan oleh departemen
pendidikan.
Tanpa dibekali oleh kompetensi kepemimpinan yang layak,
akan sulit bagi kepala sekolah untuk menggerakkan seluruh komponen organisasi
untuk dapat bergerak sesuai strategi kerja yang telah dirumuskan. Berdasarkan
pemahaman tersebut sintesa kepemimpinan kepala sekolah dapat dibedakan dalam
dimensi kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi,
kompetensi sosial.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon