Kompetensi Manajerial
a. Mampu menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan
perencanaan:
1)
Menguasai
teori perencanaan dan seluruh kebijakan pendidikan nasional sebagai landasan
dalam perencanaan sekolah, baik perencanaan strategis, perencanaan
orpariosanal, perencanaan tahunan, maupun rencana angaran pendapatan dan
belanja sekolah,
2)
Mampu
menyusun rencana strategis (renstra) pengembangan sekolah berlandaskan kepada
keseluruhan kebijakan pendidikan nasional, melalui pendekatan, strategi, dan
proses penyusunan perencanaan strategis yang memegang teguh prinsip-prinsip
penyusunan rencara strategis baik
3)
Mampu
menyusun rencana operasional (Renop) pengembangan sekolah berlandaskan kepada
keseluruhan rencana strategis yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi,
dan proses penyusunan perencanaan renop yang memegang teguh prinsip-prinsip
penyusunan rencana operasional yang baik.
4)
Mampu
menyusun rencana tahunan pengembangan sekolah berlandaskan kepada keseluruhan
rencana operasional yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi, dan
proses penyusunan perencanaan tahunan yang memegang teguh prinsip-prinsip
penyusunan rencana tahunan yang baik.
5)
Mampu
menyusun rencana anggaran belanja sekolah (RAPBS) berlandaskan kepada
keseluruhan rencana tahunan yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi,
dan proses penyusunan RAPBS yang memegang teguh prinsip-prinsip penyusunan
RAPBS yang baik.
6)
Mampu
menyusun perencanaan program kegiatan berlandaskan kepada keseluruhan rencana
tahunan dan RAPBS yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi, dan proses
penyusunan perencanaan program kegiatan yang memegang teguh prinsip-prinsip
penyusunan perencanaan program yang baik.
7)
Mampu
menyusun proposal kegiatan melalui pendekatan, strategi, dan proses penyusunan
perencanaan program kegiatan yang memegang teguh prinsip-prinsip-prinsip
penyusunan proposal yang baik.
b. Mampu mengembangkan
organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan:
1)
Menguasai
teori dan seluruh kebijakan pendidikan nasional dalam pengorganisasian
kelembagaan sekolah sebagai landasan dalam mengorganisasikan kelembagaan maupun
program insidental sekolah.
2)
Mampu
mengembangkan struktur organisasi formal kelembagaan sekolah yang efektif dan
efisien sesuai dengan kebutuhan melalui pendekatan, strategi, dan proses
pengorganisasian yang baik.
3)
Mampu
mengembangkan deskripsi tugas pokok dan fungsi setiap unit kerja melalui
pendekatan, strategi, dan proses pengorganisasian yang baik.
4)
Menempatkan
personalia yang sesuai dengan kebutuhan
5)
Mampu
mengembangan standar operasional prosedur pelaksanaan tugas pokok dan fungsi
setiap unit kerja melalui pendekatan, strategi, dan proses pengorganisasian
yang baik
6)
Mampu
melakukan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan
prinsip-prinsip tepat kualifikasi, tepat jumlah, dan tepat persebaran.
7)
Mampu
mengembangkan aneka ragam organisasi informal sekolah yang efektif dalam
mendukung implementasi pengorganisasian formal sekolah dan sekaligus pemenuhan
kebutuhan, minat, dan bakat perseorangan pendidikan dan tenaga kependidikan.
a.
Mampu
memimpin guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara
optimal:
1)
Mampu
mengkomunikasikan visi, misi, tujuan, sasaran, dan program strategis sekolah
kepada keseluruhan guru dan staf.
2)
Mampu
mengkoorsekolahikan guru dan staf dalam merelalisasikan keseluruhan rencana
untuk mengapai visi, mengemban misi, mengapai tujuan dan sasaran sekolah
3)
Mampu
berkomunikasi, memberikan pengarahan penugasan, dan memotivasi guru dan staf
agar melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing sesuai dengan standar
operasional prosedur yang telah ditetapkan
4)
Mampu
membangun kerjasama tim (team work) antar-guru, antar-staf, dan antara guru
dengan staf dalam memajukan sekolah
5)
Mampu
melengkapi guru dan staf dengan keterampilan-keterampilan profesional agar
mereka mampu melihat sendiri apa yang perlu dilakukan sesuai dengan tugas pokok
dan fungsinya masing-masing
6)
Mampu
melengkapi staf dengan ketrampilan-ketrampilan agar mereka mampu melihat
sendiri apa yang perlu dan diperbaharui untuk kemajuan sekolahnya
7)
Mampu
memimpin rapat dengan guru-guru, staf, orangtua siswa dan komite sekolah
8)
Mampu
melakukan pengambilan keputusan dengan menggunakan strategi yang tepat
9)
Mampu
menerapkan manajemen konflik
b.
Mampu
mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara
optimal:
1)
Mampu
merencanakan kebutuhan guru dan staf berdasarkan rencana pengembangan sekolah
2)
Mampu
melaksanakan rekrutmen dan seleksi guru dan staf sesuai tingkat kewenangan yang
dimiliki oleh sekolah
3)
Mampu
mengelola kegiatan pembinaan dan pengembangan profesional guru dan staf
4)
Mampu
melaksanakan mutasi dan promosi guru dan staf sesuai kewenangan yang dimiliki
sekolah
5)
Mampu
mengelola pemberian kesejahteraan kepada guru dan staf sesuai kewenangan dan
kemampuan sekolah
c.
Mampu
mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
:
1)
Mampu
merencanakan kebutuhan fasilitas (bangunan, peralatan, perabot, lahan,
infrastruktur) sekolah sesuai dengan rencana pengembangan sekolah
2)
Mampu
mengelola pengadaan fasilitas sesuai dengan peraturan yang berlaku.
3)
Mampu
mengelola pemeliharaan fasilitas baik perawatan preventif maupun perawatan
terhadap kerusakan fasilitas sekolah
4)
Mampu
mengelola kegiatan inventaris sarana dan prasarana sekolah sesuai sistem
pembukuan yang berlaku.
5)
Mampu
mengelola kegiatan penghapusan barang inventaris sekolah
d.
Mampu
mengelola pengaruh sekolah - masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide,
sumber belajar, dan pembiayaan sekolah:
1)
Mampu
merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
2)
Mampu
melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukukungan dari
lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
3)
Mampu
memelihara pengaruh kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
e.
Mampu
mengelola kesiswaan, terutama dalam rangka penerimaan siswa baru, penempatan
siswa, dan pengembangan kapasitas siswa:
1)
Mampu
mengelola penerimaan siswa baru terutama dalam hal perencanaan dan pelaksanaan
penerimaan siswa baru sesuai dengan kebutuhan sekolah
2)
Mampu
mengelola penempatan dan pengelompokan siswa dalam kelas sesuai dengan maksud
dan tujuan pengelompokan tersebut.
3)
Mampu
mengelola layanan bimbingan dan konseling dalam membantu penguatan kapasitas
belajar siswa
4)
Mampu
menyiapkan layanan yang dapat mengembangkan potensi siswa sesuai dengan
kebutuhan, minat, bakat, kreativitas dan kemampuan
5)
Mampu
menetapkan dan melaksanakan tata tertib sekolah dalam memelihara kedisiplinan
siswa
6)
Mampu
mengembangkan sistem monitoring terhadap kemajuan belajar siswa
7)
Mampu
mengembangkan sistem penghargaan dan pelaksanaannya kepada siswa yang
berprestasi
f.
Mengelola
pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan arah dan
tujuan pendidikan nasional:
1)
Menguasai
seluk beluk tujuan nasional, tujuan pembangunan nasional, dan tujuan pendidikan
nasional, regional, dan lokal secara tepat dan kompherensif sehingga memiliki
sikap positif akan pentingnya tujuan-tujuan tersebut sebagai arah
penyelenggaraan pendidikan dan terampil menjabarkannya menjadi kompetensi
lulusan dan kompetensi dasar.
2)
Memiliki
wawasan yang tepat dan komprehensif tentang kedirian peserta didik sebagai
manusia yang berkarakter, berharkat, dan bermartabat, dan mampu mengembangan
layanan pendidikan sesuai dengan karakter, harkat, dan martabat manusia.
3)
Memiliki
pemahaman yang komprehensif dan tepat, dan sikap yang benar tentang esensi dan
tugas profesional guru sebagai pendidik
4)
Menguasai
seluk beluk kurikulum dan proses pengembangan kurikulum nasional sehingga
memiliki sikap positif terhadap kebaradaan kurikulum nasional yang selalu
mengalami pembaharuan, serta terampil dalam menjabarkannya menjadi kurikulum
tingkat satuan pendidikan
5)
Mampu
mengembangkan- rencana dan program pembelajaran sesuai dengan kompetensi
lulusan yang diharapkan
6)
Menguasai
metode pembelajaran efektif yang dapat mengembangkan kecerdasan intelektual,
spritual, dan emosional sesuai dengan materi pembelajaran
7)
Mampu
mengelola kegiatan pengembangan sumber dan alat pembelajaran di sekolah dalam
mendukung pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
8)
Menguasai
teknik-teknik penilaian hasil belajar dan menerapkannya dalam pembelajaran
9)
Mampu
menyusun program pendidikan per tahun dan per semester
10)
Mampu mengelola penyusunan jadwa pelajaran per
semester
11)
Mampu
melaksanakan monitoring dan pengaruh program pembelajaran dan melaporkan
hasil-hasilnya kepada stakeholders sekolah.
g.
Mampu
mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel,
transparan, dan efisien:
1)
Mampu
merencanakan kebutuhan keuangan sekolah sesuai dengan rencana pengembangan
sekolah, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang.
2)
Mampu
mengupayakan sumber-sumber keuangan terutama yang bersumber dari luar sekolah
dan dari unit usaha sekolah.
3)
Mampu
mengkoorsekolahikan pembelanjaan keuangan sesuai dengan peraturan dan
perundang-undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi
4)
Mampu
mengkoorsekolahikan kegiatan pelaporan keuangan sesuai peraturan dan
perundang-undangan yang berlaku
h.
Mampu
mengelola ketatausahaan sekolah dalam mendukung kegiatan-kegiatan sekolah:
1)
Mampu
mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman
persuratan yang berlaku
2)
Mampu
mengelola administrasi sekolah yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan,
sarana/prasarana, keuangan, dan pengaruh sekolah-masyarakat
3)
Mampu
mengelola administrasi kearsipan sekolah baik arsip dinamis maupun arsip lainnya
4)
Mampu
mengelola administrasi akreditasi sekolah sesuai dengan prinsip-prinsip
tersedianya dokumen dan bukti-bukti fisik
i.
Mengelola
unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan
kesiswaan di sekolah:
1)
Mampu
mengelola laboratorium sekolah agar dapat dimanfaatkan secara optimal bagi
kepentingan pembelajaran siswa
2)
Mampu
mengelola bengkel kerja agar dapat dimanfaatkan secara optimal bagi kepentingan
pembelajaran keterampilan siswa
3)
Mampu
mengelola usaha kesehatan sekolah dan layanan sejenis untuk membantu siswa
dalam pelayanan kesehatan yang diperlukan
4)
Mampu
mengelola kantin sekolah berdasarkan prinsip kesehatan, gizi, dan
keterjangkauan
5)
Mampu
mengelola koperasi sekolah baik sebagai unit usaha maupun sebagai sumber
belajar siswa
6)
Mampu
mengelola perpustakaan sekolah dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan
oleh siswa
j.
Mampu
menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam menciptakan inovasi yang berguna
bagi pengembangan sekolah:
1)
Mampu
bertindak kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara
berpikir dan cara bertindak
2)
Mampu
memberdayakan potensi sekolah secara optimal ke dalam berbagai
kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan sekolah
3)
Mampu
menumbuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan
warga sekolah
k.
Mampu
menciptakan budaya dan iklim kerja yang kondusif bagi pembelajaran siswa:
1)
Mampu
menata Lingkungan fisik sekolah sehingga menciptakansuasana nyaman, bersih dan
indah
2)
Mampu
membentuk suasana dan iklim kerja yang sehat melalui penciptaan pengaruh kerja
yang harmonis di kalangan warga sekolah
3)
Mampu
menumbuhkan budaya kerja yang efisien, kreatif, inovatif, dan berorientasi
pelayanan prima
l.
Mampu
mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan:
1)
Mampu
mengembangkan prosedur dan mekanisme layanan sistem informasi
2)
Mampu
menyusun format data base sekolah sesuai kebutuhan
3)
Mampu
mengkoorsekolahikan penyusunan data base sekolah baik sesuai kebutuhan
pendataan sekolah
4)
Mampu
menerjemahkan data base untuk merencanakan program pengembangan sekolah
m.
Terampil
dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran
dan manajemen sekolah:
1)
Mampu
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen sekolah
2)
Mampu
memanfaatkan teknologi informasi dan komukasi dalam pembelajaran, baik sebagai
sumber belajar maupun sebagai alat pembelajaran
n.
Terampil
mengelola kegiatan produksi/jasa dalam mendukung sumber pembiayaan sekolah dan
sebagai sumber belajar sisiwa:
1)
Mampu
merencanakan kegiatan produksi/jasa sesuai dengan potensi sekolah
2)
Mampu
membina kegiatan produksi/jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang
profesional dan akuntabel
3)
Mampu
melaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa dan menyusun laporan
4)
Mampu
mengembangkan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannya
o.
Mampu
melaksana-kan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai standar
pengawasan yang berlaku:
1)
Memahami
peraturan-peraturan pemerintah yang berkaitan dengan standar pengawasan sekolah
2)
Melakukan
pengawasan preventif dan korektif terhadap pelaksanaan kegiatan sekolah
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon