Kepala Sekolah Sebagai Supervisor



        Kepala Sekolah Sebagai Supervisor
Kompetensi supervisor merupakan peran efektif dalam menggerakkan guru dalam melaksanakann perannya sebagai pendidik. Secara berkala kepala sekolah perlu melaksanakan kegiatan supervisi, yang dapat dilakukan melalui kegiatan kunjungan kelas untuk mengamati proses pembelajaran secara langsung, terutama dalam pemilihan dan penggunaan metode, media yang digunakan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran (E. Mulyasa, 2004:122).

Hasil supervisi yangdiperoleh dapat dijadikan dasar memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kondisi kerja guru yang telah berlangsung positif. Perubahan paradigma pendidikan dan pengembangan kurikulum yang berrlangsung harus memperoleh pemantauan dan pengaruh dari kepala sekolah terhadap keberhasilan yanag dicapai.
Jones dkk. Dikutip dari Sudarwan Danim (2002:224) mengemukakan bahwa menghadapi kurikulum yang berisi perubahan-perubahan yang cukup besar dalam tujuan, isi, metode dan pengaruh pengajarannya, sudah sewajarnya kalau para guru mengharapkan saran dan bimbingan dari kepala sekolah.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment